Cara / Langkah-Langkah Mudah Memindahkan Data Terakhir Aplikasi Dapodikdas 2013 Ke Komputer / Laptop Baru

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Setelah banyak input data-data tentang sekolah pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada versi sebelum v.2.0.7 kali ini, tentu sangat disayangkan apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada komputer/laptop yang kita gunakan untuk menginput data-data penting sekolah, PTK, dan peserta didik, hingga menyebabkan aplikasi Dapodikdas 2013/2014 sekolah kita tidak dapat dibuka, error, atau bahkan hilang sama sekali.

Oleh karena itu, saya kembali share cara bagaimana agar data-data penting dalam komputer/laptop yang kita gunakan tersebut dapat diamankan secara optimal. 

Berikut langkah-langkah / cara menyelamatkan seluruh data base sekolah yang telah kita input dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014 sebagai upaya antisipasi dalam penyelematan data, sehingga kita tidak perlu menginput / memasukkan data-data sekolah kita tersebut dari awal lagi. 

Artikel ini sekaligus untuk memperbaharui triks backup - restore dari artikel sebelumnya agar lebih praktis dan mudah dilakukan.

Cara untuk menyelamatkan data base dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014, pada awal pertama (anggap saja, kita mengunakan laptop / komputer 2, komputer 1 (lama), komputer 2 (baru), untuk komputer 1 (pertama) adalah laptop / PC yang telah kita entri data pada aplikasi Dapodikdas 2013, dan komputer/ PC 2 adalah komputer baru yang digunakan untuk menampilkan kembali seluruh data sama persis dengan yang sudah ada pada komputer 1 (tinggal melanjutkan entri data, tanpa input data dari awal lagi).

Oke, untuk langkah awal dalam penyelamatan data pada aplikasi Dapodikdas 2013 tentu kita harus mempunyai salinan data yang kita simpan sebelumnya dalam sebuah media penyimpanan data, baik flash disc, CD, DVD, dan sebagainya. Tentu salinan data yang berasal dari komputer / laptop yang telah kita gunakan dalam entri data sekolah pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 itu. Untuk tahap pertama, caranya ialah :
                                                                                                                     
PADA KOMPUTER / LAPTOP 1 (YANG SUDAH ADA APLIKASI DAPODIKDAS 2013) :

1.   Buka local disc - drive “C” ==> "Program Files".

2.   Selanjutnya, buka pada drive “C” ==> “Program Files” ==> “Dapodikdas” ==> “database” , lalu "copy and paste 1 (satu) folder “database” ini ke flashdisc Anda.

3.   Pada langkah ini, backup (proses pencadangan data) selesai.

PADA KOMPUTER / LAPTOP 2 (BELUM ADA APLIKASI DAPODIKDAS 2013) :

Setelah 1 folder “database” dari komputer / laptop lama telah kita copy paste pada flashdisc Selanjutnya, bagaimana cara restore database pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada komputer/PC 2 (komputer/laptop yang baru) :

1.     Install komputer / laptop baru menggunakan installer v.2.0.7 aplikasi Dapodikdas 2013.

2.     Setelah proses instalasi v.2.0.7 selesai, klik kiri pada mouse pada “Star” lalu Ketik pada kotak pencarian tersebut “Services” (tanpa tanda petik / “ ), sesaat kemudian klik pada “View local services”.

3.     Setelah tampilan “Service local” muncul, silahkan roll ke bawah, cari file bernama “DapodikdasDB” klik kanan pada “DapodikdasDB” lalu klik “Stop”. Akan ada tampilan sesaat dalam proses ini.

4.   Setelah “DapodikdasDB” dalam keadaan “Stopped”, Selanjutnya, klik kanan juga file di “DapodikdasWebSrv”, lalu klik “Stop”. Akan muncul tampilan sesaat dalam proses ini. Minimize tampilan “Services (local)” ini.

5.     Kemudian buka pada flashdisc yang sudah ada 1 file hasil copy paste “database” dari laptop lama Anda, klik kanan pada “database” ini, lalu tekan “Copy”.

6.     Selanjutnya, buka pada drive “C” pada komputer / laptop baru Anda yang sudah terinstall aplikasi Dapodikdas v.2.0.7, lalu klik “Program Files” ==> “Dapodikdas”. Di dalam folder “Dapodikdas” ini, hapus 1 (satu) folder “database”, setelah “database” terhapus, arahkan kursor pada bagian di luar folder, lalu klik “paste” (hasil copy-an “database” dari laptop lama tadi).

7.      Setelah database dari komputer lama berhasil dicopy menggantikan “database” dari komputer/laptop baru ini, silahkan buka kembali halaman “Service Local” untuk mengaktifkan kembali 2 file yang sebelumnya kita “Stop” tadi, agar database Dapodikdas 2013/2014 dapat progress kembali di komputer/laptop baru. Bila halaman ini tertutup, silahkan lakukan seperti pada langkah no. 2 s.d. 4 di atas, lalu klik kanan pada “DapodikdasDB” lalu klik “Start”. Akan ada tampilan sesaat dalam proses ini.

8.   Terakhir, klik kanan juga di “DapodikdasWebSrv”, lalu klik “Start”. Akan muncul tampilan sesaat dalam proses ini. Kemudian tutup/close tampilan Services (local) ini.

9.     Silahkan "login" ke aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada laptop / PC Anda yang baru tadi, seperti biasanya.

10.    Selesai.

Untuk beberapa gambar dari cara-cara di atas silahkan dilihat pada artikel di link berikut ini. Demikian tutorial online tentang bagaima cara memindahkan (backup & restore) database aplikasi Dapodikdas v.2.0.7 kali ini. Mohon dilakukan langkah-langkah di atas dengan teliti dan hati-hati, bila benar, insya Allah berhasil. Semoga bermanfaat, terimakasih…. Salam satu data berkualitas...!

2 Responses to "Cara / Langkah-Langkah Mudah Memindahkan Data Terakhir Aplikasi Dapodikdas 2013 Ke Komputer / Laptop Baru"

  1. INFO PTK BELUM BISA DI BUKA

    ReplyDelete
  2. Salam kenal pak Dadang, sy OPS dari salah satu sekolah di pedalaman Papua pak, mohon pencerahan ini soal aplikasi Dapodik nih. masalahnya setelah intall Patch 207c Tahun Ajaran Baru tdk muncul. Sebelumya sy pake WIndows 8, belakangan sy coba di windows 7 ternyata pas baru install patch-nya Tahun Ajaran baru memang muncul namun setelah restore data Tahun Ajaran barunya tidak muncul lagi. Sy sdh coba backup & restore manual dengan copy & paste folder "database" sesuai dgn prosedur yg bapak jelaskan di sini, juga backup & restore dengan menggunakan DapodikHelper tapi masalahnya tetap sama. Mohon pencerahannya pak. O ya pak kalo tdk keberatan mohon bantuan bapak agar jawabannya dikirim ke email saya juga pak: ughiethobone@gmail.com, soalnya di sekolah saya internetnya ga ada pak, takutnya jawabannya terlewatkan krn online-nya kadang sebulan sekali pak

    ReplyDelete