Google+ CARA MENGATASI GAGAL MELAKUKAN KONEKSI DATABASE SAAT BACKUP BSD & PANDUAN MENGEMBALIKAN VERSI APLIKASI DAPODIKDAS V.2.0.7 KE V.2.0.6 | www.dadangjsn.blogspot.com | Dadang Juara Setyo Nugroho Admin Web Media Aktualisasi Diri, Silaturahmi, Pendidikan, dan Informasi mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan 1435 H - Mohon Maaf Lahir dan Bathin...

CARA MENGATASI GAGAL MELAKUKAN KONEKSI DATABASE SAAT BACKUP BSD & PANDUAN MENGEMBALIKAN VERSI APLIKASI DAPODIKDAS V.2.0.7 KE V.2.0.6

Alhamdulillah… saat ini sudah ada petunjuk dari Mas Adam yang dapat Rekan-rekan OPS Dikdas lakukan untuk mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi pada aplikasi BSD yang tidak dapat digunakan untuk backup data dari aplikasi Dapodikdas v.2.0.7 atau mungkin juga bisa digunakan pada v.2.0.6 yang muncul keterangan “Gagal melakukan koneksi database” saat proses backup menggunakan aplikasi BSD.

Namun tulisan berikut ini hanya dapat dipraktekkan untuk merubah versi dari 207 ke versi 206. Tidak dianjurkan untuk keperluan yang lainnya.

Tulisan ini dibuat dikarenakan banyak yang mengeluhkan tidak dapat melakukan backup data melalui Aplikasi BSD di v. 2.0.7. Itu dikarenakan BSD yang saat ini beredar hanya bisa berjalan di versi 2.0.6 dan Aplikasi BSD untuk Dapodikdas versi 2.0.7 belum release. Langkah ini dapat dilakukan sampai aplikasi BSD untuk versi 207 release.

Caranya adalah sebagai berikut :

1.   Untuk mengembalikan versinya dari 207 ke 206 yang dibutuhkan adalah dua file hasil perbaikan dari install.ini dan pg_hba.conf (ke-2 file tersebut, unduh di sini).


2.   Buka windows explorer, lalu menuju C:\Program Files\Dapodikdas\config, di sana akan ditemukan file dengan nama install.ini. Paste-kan data install.ini hasil unduh  lalu pilih “copy and replace”.


3.   Install patch v.2.0.6 (file patch v.2.0.6 dapat diunduh di sini).


4.   Buka windows explorer, copy file pg_hba.conf hasil unduh, lalu paste-kan ke C:\Program Files\Dapodikdas\database pilih “copy and replace”.


5.   Jika tidak melakukan langkah 4 ini maka kita tidak akan dapat melakukan backup BSD, dan akan muncul keterangan "Gagal melakukan koneksi database" jadi pastikan langkah ini tidak terlewat.


6.   Mundurkan tanggal di komputer ke 30 Maret 2014.


7.   Buka aplikasi Dapodikdas. sebelum login refresh browser dengan tekan Ctrl+F5. Setelah login maka kita akan mendapati versi aplikasi kembali ke v.2.0.6, dan kita dapat melakukan backup kembali dengan aplikasi BSD.


Referensi file, gambar & artikel : 
Catatan Dapodikdas - http://adamdapodikdas.blogspot.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
thumbnail CARA MENGATASI GAGAL MELAKUKAN KONEKSI DATABASE SAAT BACKUP BSD & PANDUAN MENGEMBALIKAN VERSI APLIKASI DAPODIKDAS V.2.0.7 KE V.2.0.6
Posted by: Dadang JSN
Rating: 5
Reviewer: 192 Reviews

2 comments:

  1. pak dadang stlh dibackup BSD file nya dikirim ke mana ya???salam

    ReplyDelete
  2. pak dadang bagaimana klo versinya suda dikembalikan tetapi tidak bisa sinkron BSD???mohon penjelasannya..salam

    ReplyDelete

Share Artikel Ini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More