Ciri-Ciri / Kriteria Penulisan Yang Baik Untuk Dipublikasikan di Media Online (Internet)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia... Media visual berupa tulisan menjadi salah satu bagian penyampaian pesan antara seorang penulis dengan pembacanya. 

Agar efektifitas dalam komunikasi optimal, diperlukan beberapa syarat yang dapat berlaku bukan hanya untuk penulisan, namun di sini akan saya ulas apa saja kriteria tulisan yang baik untuk dipublikasikan di media online, baik melalui situs jejaring sosial, email, blog, website, iklan, dan lain sebagainya.


Kriteria penulisan yang baik, berkualitas, serta efektif untuk dipublikasikan di media online di antaranya adalah :

1.   Buat judul dengan tulisan kapital dengan ukuran huruf yang lebih besar dan lebih tebal, ini penting dalam penglihatan pembaca, karena dengan penonjolan (highlight) tersebut, kata kunci ataupun tema utama dalam tulisan akan berpengaruh positif bagi pembaca untuk terus fokus pada penjabaran isi-isinya.

2.   Hindari singkatan kata, misalnya dan lain-lain, tapi dituliskan dll. Ini akan berefek tidak baik pada hasil terjemahan (translate) ke bahasa asing (selain bahasa Indonesia).

3.   Penyesuaian kata sambung antar kalimat, awal paragraf / alinea baru, dan seterusnya benar-benar menjadikan satu rangkaian yang saling terkait serta berurutan, runtut, jelas, dan terstruktur / sistematis.

4.   Penempatan alinea, sub bahasan, dan bagian tulisan yang enak dipandang mata, seperti jarak antara alinea, idealnya harus diberi 1 baris kosong sebagai penggalan antar alinea / paragraf, termasuk juga rata kanan kiri isi tulisan untuk memudahkan pembaca dalam membedakan mana kalimat yang masih bersambung, dan mana kalimat penutupnya.

5.   Penggunaan kosa kata serta tata bahasa yang semudah mungkin dipahami oleh pembaca, gunakan istilah asing maupun kata-kata majemuk seminimal mungkin, hal ini untuk menghindari salah paham / tafsir / arti yang pada akhirnya menentukan pemahaman yang sama atau tidaknya dengan maksud penulis dalam mewujudkan isi pikiran ataupun perasaannya dalam tulisan tersebut. Karena pada dasarnya tulisan dipublikasikan salah satu tujuan utamanya adalah untuk menyamakan pemahaman antara penulis dan pembaca.

Selain 5 hal di atas, tentu masih ada lagi beberapa syarat yang diperlukan untuk menghasilkan karya tulis yang benar-benar berkualitas dan efektif dalam penyampaian pesan ataupun komunikasi khususnya untuk tulisan yang dipublikasikan melalui dunia maya yang sudah “mendunia” ini. Selamat berkarya Sahabat…! Salam Edukasi...!

0 Response to "Ciri-Ciri / Kriteria Penulisan Yang Baik Untuk Dipublikasikan di Media Online (Internet)"

Post a Comment