Tutorial / Langkah-Langkah Cara Membuat Email di Gmail (Google Mail) Terbaru

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Dalam proses registrasi pendataan ulang PNS secara elektronik (e-PUPNS) tahun, maka PNS harus memiliki email aktif. Email ini berfungsi untuk untuk mengirimkan notifikasi pendaftaran nantinya. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini, saya akan share tutorial lengkap tentang langkah-langkah membuat email baru di Gmail (Google Mail).

E-Mail merupakan singkatan dari Electronic Mail, yang berarti “surat elektronik”. Email merupakan sistem yang memungkinkan pesan berbasis teks, data, file teks, foto digital, atau file-file audio dan video dari satu komputer ke komputer lainnya, dalam suatu jaringan komputer untuk dikirim dan diterima secara elektronik melalui komputer atau media lain yang terhubung dengan internet (online).

Untuk membuat email saat ini diperlukan nomor handphone aktif yang akan digunakan untuk verifikasi dalam pembuatan email baru.

Berikut panduan / cara membuat email di Google yakni Gmail (Google Mail) selengkapnya adalah sebagai berikut :

1.   Kunjungi www.gmail.com

2.   Setelah itu klik pada “Create Account”.

3.   Kemudian isi seluruh isian yang tersedia ; nama depan, nama belakang, input alamat email yang Anda inginkan, masukkan password dan ulangi kembali dengan kode password yang sama, isi tahun/tanggal/bulan lahir Anda, pilih jenis kelamin (Male : laki-laki atau Female : perempuan), input no. Hp aktif Anda yang akan digunakan untuk langkah verifikasi selanjutnya, entry kode chapta yang tampil dengan benar, pilih lokasi negara Anda, dan checklist pada “I agree to the Google Terms of Service and Privacy Policy”.

4.   Jika isian dan alamat email belum pernah digunakan orang lain, maka akan muncul laman “Verify Your Account”, klik “Continue” untuk mendapatkan SMS yang berisi kode verifikasi yang dikirimkan ke no. HP aktif yang Anda gunakan mendaftar tadi.

5.   Masukkan kode verifikasi yang Anda terima via SMS dengan benar, lalu klik “Continue”  lagi untuk melanjutkan proses.

6.   Jika kode verifikasi yang Anda masukkan benar, maka tampilan “Welcome” / Selamat Datang ke email Anda akan tampil beserta URL / alamat akun email Anda.

7.    Untuk melanjutkan ke email, silahkan klik “Continue to Gmail”.

8.    Email Anda sudah aktif dan sudah bisa digunakan ; klik “Compose” untuk membuat pesan email, “Inbox” untuk cek pesan masuk, dan “Sent Mail” untuk melihat pesan keluar yang sudah Anda kirimkan melalui email tersebut.

9.      Selesai.

Demikian panduan cara mudah membuat email di Gmail. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

0 Response to "Tutorial / Langkah-Langkah Cara Membuat Email di Gmail (Google Mail) Terbaru"

Post a Comment