Google+ CARA BACKUP LOCAL / RESTORE DATABASE APLIKASI DAPODIKDAS 2013/2014 | www.dadangjsn.blogspot.com | Dadang Juara Setyo Nugroho Admin Web Media Aktualisasi Diri, Silaturahmi, Pendidikan, dan Informasi Haturkan Terimakasih yang Sebesar-besarnya atas Kunjungan Sahabat Semuanya... Semoga Allah SWT Memberikan Berkah dan Manfaat dari adanya Blog Sederhana ini, dan Utamanya..., Semoga Allaah SWT menerima Segala Amal Ibadah Kita sekaligus Mengampuni Segala Dosa dan Kesalahan Kita. Amin... Salam Edukasi...

CARA BACKUP LOCAL / RESTORE DATABASE APLIKASI DAPODIKDAS 2013/2014

Setelah banyak input data-data tentang sekolah pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini, tentu sangat disayangkan apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada komputer/laptop yang kita gunakan untuk menginput data-data penting sekolah, PTK, dan peserta didik, hingga menyebabkan aplikasi Dapodikdas 2013/2014 sekolah kita tidak dapat dibuka, error, atau bahkan hilang sama sekali.

Oleh karena itu, saya kembali share cara bagaimana agar data-data penting dalam komputer/laptop yang kita gunakan tersebut dapat diamankan secara optimal. Berikut langkah-langkah / cara menyelamatkan seluruh data base sekolah yang telah kita input dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014 sebagai upaya antisipasi dalam penyelematan data, sehingga kita tidak perlum menginput / memasukkan data-data sekolah kita tersebut dari awal lagi.

Cara untuk menyelamatkan data base dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014, pada awal pertama (anggap saja, kita mengunakan laptop / komputer 2, komputer 1 (lama), komputer 2 (baru), untuk komputer 1 (pertama) adalah laptop / PC yang telah kita entri data pad aplikasi Dapodikdas 2013, dan komputer/ PC 2 adalah komputer baru yang digunakan untuk menampilkan kembali seluruh data sama persis dengan yang sudah ada pada komputer 1 (tinggal melanjutkan entri data, tanpa input data dari awal lagi).

Oke, untuk langkah awal dalam penyelamatan data pada aplikasi Dapodikdas 2013 tentu kita harus mempunyai salinan data yang kita simpan sebelumnya dalam sebuah media penyimpanan data, baik flash disc, CD, DVD, dan sebagainya. Tentu salinan data yang berasal dari komputer / laptop yang telah kita gunakan dalam entri data sekolah pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 itu. Untuk tahap pertama, caranya ialah :

1.      Buka local disc - drive “C” ==> "Program Files".
2.      Selanjutnya, cari folder “Dapodikdas”, lalu "copy and paste" folder "Dapodikdas” tersebut ke media penyimpanan Anda (flashdisc, CD, dst).
3.      Tahap awal penyelamatan data untuk tahap pertama selesai.

Selanjutnya, bagaimana cara restore data base pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada komputer/PC 2 (komputer/laptop yang baru), Langkah pertama, Laptop / komputer yang akan digunakan untuk merestore data aplikasi Dapodikdas 2013/2014 harus diinstall terlebih dahulu aplikasi Dapodikdasnya dengan versi terbaru, ingat...!!! Sebelum proses install aplikasi Dapodikdas, data prefilled (prefill) terlebih dahulu ditempatkan pada drive "C", dengan nama folder "prefill_dapodik".

Setelah komputer / PC baru sudah terinstall aplikasi Dapodikdas, maka laptop / komputer tersebut sudah siap untuk dijadikan sebagai penerus perjuangan dalam mengentri data-data baru, berikut langkah-langkahnya :

1.      Klik kiri pada “Star”.
 2.      Ketik pada kotak pencarian “Service local” (tanpa tanda petik / “ ), lalu klik “View service local”. Alternatif lain dengan input teks dengan kata kunci “Services.msc” lalu klik “Services”.


3.      Klik kanan pada “DapodikdasDB” lalu klik “Stop”. Akan ada tampilan sesaat dalam proses ini.

4.      Selanjutnya, klik kanan juga di “DapodikdasWebSrv”, lalu klik “Stop”. Akan muncul tampilan sesaat dalam proses ini.

5.      Lalu salin atau pindahkan (Copy and Paste) file “Dapodikdas” yang ada dalam flash disc / CD Anda dari data base terbaru yang telah kita copy dari komputer sebelumnya ke drive “C” ==> pada folder “Program Files”, lalu akan muncul “Confirm Folder Replace”, klik “Yes”.

6.      Setelah itu akan muncul lagi tampilan konfirmasi “Copy File:” – "There is already a file with the same name in this location”, maka klik / checklist dulu “Do this for the next conflicts” pada bagian pojok kiri paling bawah, kemudian klik “Copy and Replace”.

7.      Tunggu proses “Copy and Replace” database Dapodikdas 2013/2014 ini hingga selesai, lama tidaknya proses “Copy and Replace” relatif, tergantung pada besar kecilnya ukuran/volume data / file tentunya.

8.      Setelah selesai proses “Copy and Replace” tadi, silahkan langsung menuju ke halaman “Service Local” untuk mengaktifkan kembali 2 file yang sebelumnya kita “Stop” tadi, agar database Dapodikdas 2013/2014 dapat progress kembali di komputer/laptop baru, caranya seperti pada no. 1 sampai 3 di atas, namun pada klik kanan “DapodikdasDB” lalu klik “Start”. Akan ada tampilan sesaat dalam proses ini.

9.      Terakhir, klik kanan juga di “DapodikdasWebSrv”, lalu klik “Start”. Akan muncul tampilan sesaat dalam proses ini.

10.    Kemudian, silahkan "login" ke aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada laptop / PC Anda yang baru tadi, seperti biasanya.
11.    Selesai.

Demikian tutorial online tentang bagaima cara amankan data dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014. Semoga bermanfaat, terimakasih….

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
thumbnail CARA BACKUP LOCAL / RESTORE DATABASE APLIKASI DAPODIKDAS 2013/2014
Posted by: Dadang JSN
Rating: 5
Reviewer: 192 Reviews

14 comments:

  1. terimakasih Gan,, sangat Bermanfaat, skalian mau tanya Gan,, kalau sudah regristasi, trs mau ganti email , kira2 bisa ga Sob

    ReplyDelete
  2. @ Agustinus Kalpin Sanjaya : Bisa saja Gan..., asal kita belum pernah melakukan proses sinkronisasi / Synch, bila ganti email, otomatis harus registrasi kembali serta input data-data sekolah dari awal lagi Sob. Terimakasih...

    ReplyDelete
  3. Infox sangat membantu kawan,,izin share yah...thnk's

    ReplyDelete
  4. @ Hastriad Triad : Silahkan Kawan.., tapi mohon dicantumkan link URL aktif ke sumber halaman artikelnya ya Gan...? Terimakasih atas kunjungannya... Goodluck.

    ReplyDelete
  5. bagus bang, trims ya, ane jadi gak takut lagi, agak tenang sekarang, maklum, laptop gue juga agak jadul, tapi lumayan, dari pada pinjam punya kantor

    ReplyDelete
  6. @ Basuki Rahmad : Terimakasih juga Bang, luar biasa semangatnya. Semoga semua tugasnya nanti lancar dan berhasil dengan sukses. Amin...

    ReplyDelete
  7. @ Eboo : Thanks Sob... Semoga bermanfaat bagi kita semua... Amiin...

    ReplyDelete
  8. mas bro bagai mana kalau sampai batas akhir ternyata data dapodikdas tidak bisa di onlinekan karena kegagalan singkronisasi padahal di lumajang jawatimur dibatasi sampai tanggal 30 november dan harus sudah selesai singkron.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai batas akhir itu, bukan hanya di Lumajang saja kok Mas, tapi berlaku secara nasional, namun mengingat masih banyak kendala yang belum teratasi hingga hari ini, insya Allah akan ada perpanjangan batas waktu seiring dengan sempurnanya aplikasi... Amiin...

      Delete
  9. asslmkm, bos udah pakai patch 204. mau masuk obyek tidak ditemukan katanya, malahan ganjil jadi genap"pleas wait ga beres2, gimana yah? tolong solusi yach, maaf merepotkan.

    ReplyDelete
  10. Mas mau tanya, kLo kita ‎​​♏ªªªù singkronisasi truz ϓªήğ timbuL maLah siLahkn check koneksi dan mohon tunggu!
    Gmn itu mas? Smpai skrgpun msh dcoba N ϓªήğ timbuL msh Șȃṁ̭̥̈̅ȃ !!!

    ReplyDelete
  11. kenapa gak bisa di Copy Mas ?? padahal aku butuh banget, Dapodikdasku sudah di ganti ma versi 2.07 tapi masih ada yang belum valid di semester genapnya ?? tadinya mau di back up lokal ...

    ReplyDelete

Share Artikel Ini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More