Google+ CONTOH CARA SINKRONISASI OFFLINE YANG SUDAH TERBUKTI BERHASIL – SOLUSI ALTERNATIF GAGAL SINKRONISASI ONLINE APLIKASI DAPODIKDAS 2013/2014 | www.dadangjsn.blogspot.com | Dadang Juara Setyo Nugroho Admin haturkan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya pada segenap Siswa-siswi, rekan-rekan Guru / Pendidik, Sahabat maupun Pengunjung secara umum lainnya. Kritik dan saran dari semua pihak sangat diharapkan demi perbaikan situs ini ke depan. Semoga semakin bermanfaat... Salam Edukasi...!

CONTOH CARA SINKRONISASI OFFLINE YANG SUDAH TERBUKTI BERHASIL – SOLUSI ALTERNATIF GAGAL SINKRONISASI ONLINE APLIKASI DAPODIKDAS 2013/2014

PENTING memahami alur sinkronisasi offline: Sinkronisasi adalah penyesuaian perubahan data dari aplikasi ke server, demikian juga sebaliknya dari server ke aplikasi. Untuk itu sebenarnya saya menyarankan sinkronisasi menggunakan cara online, biar kedua penyesuaian itu terjadi dalam satu proses timbal balik... (maka sinkronisasi online bisa berlangsung dalam beberapa menit, apalagi jika perubahan cukup banyak).

Namun karena banyak sekali pertanyaan dan Inbox ke saya bagaimana sinkronisasi OFFLINE dilakukan. (saya menyarankan ini untuk dipahami betul, jangan sampai ada yang terlewat belum di lakukan.. namun sudah melakukan sinkronisasi lagi)... nanti bisa berakibat data dianggap tidak mengalami perubahan di sinkronisasi selanjutnya..

LANGKAH-LANGKAH Sinkronisasi OFFLINE :

1.      Pastikan Koneksi internet Anda terputus (disconnect)
2.      Buka Aplikasi Dapodikdas Anda dan Login
3.      Lakukan Validasi.. (nol Invalid)
4.      Klik Sinkronisasi, sampai muncul


5.      Klik Sinkronisasi sampai muncul data offline yang bisa di download
6.      Download file itu dan simpan di tempat yang aman. Perhatikan gambar ini


7.      Setelah Sukses menyimpan data Offline.. (contoh file ini: KD4578DT1G_Send_to_Sync.syc)
8.      Tutup Aplikasi Anda
9.      Koneksikan Internet Anda..
10.    Masuklah ke web : http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id



11.    Setelah Proses Upload Berlangsung dan Sukses. Maka akan ada data perubahan dari pusat yang bisa di download. Dan simpan File hasil download di tempat yang aman.


12.    Simpan file itu di tempat yang aman. (contoh File: KD4578DT1G_Receive_to_Sync.syc)
13.    Setelah selesai, silahkan klik log out.
14.    Semua proses di atas berjalan lancar, maka tugas selanjutnya adalah memasukkan file perubahan dari pusat itu ke dalam aplikasi.
15.    Putuskan Koneksi Internet Anda
16.    Buka Aplikasi dan Login
17.    Klik Validasi
18.    Klik Sinkronisasi... Perhatikan gambar ini..


19.    Nunggu proses sinkronisasi offline berlangsung.
20.    Sampai Sukses spt gambar ini


21.    Selamat Anda Sukses

Salam
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
thumbnail CONTOH CARA SINKRONISASI OFFLINE YANG SUDAH TERBUKTI BERHASIL – SOLUSI ALTERNATIF GAGAL SINKRONISASI ONLINE APLIKASI DAPODIKDAS 2013/2014
Posted by: Dadang JSN
Rating: 5
Reviewer: 192 Reviews

7 comments:

  1. masih gagal,udah dicoba berulang2 tp hasilnya masih sama saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap bersabar untuk selalu mau mencoba di lain waktu saja... Terimakasih...

      Delete
  2. Siang Pak.... Saya coba sinkron ini hasilnya "Sinkronisasi telah selesai dilakukan.Data telah berhasil diperbarui 11 Desember 2013 ". Tapi saya cek di proses pengiriman blom ada mas..... yang berhasil itu gimana ya...... Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara ini, sinkronisasi awal yang sudah berhasil adalah terekam melalui progress pengiriman pada "Info Pendataan" Pak... Silahkan dicoba kembali Pak, terimakasih...

      Delete
  3. BANG GIMANA CARANYA MEMINDAHKAN DAPODIK KE LEPTOP LAIN. SEDANGKAN LEPTOP YANG MENERIMA DAPODIK TERSEBUT JUGA SUDAH TERINSTAL DAPODIK SEKOLAH LAIN.

    TRIMAKASIH ATAS BINAANNYA.

    ReplyDelete
  4. Gan, saya sudah menggunakan aplikasi dapodikdas versi 2.0.4. Tetapi, ketika saya melakukan sinkronisasi ada keterangan "Success with some error, Maaf beberapa data yang masuk tidak berhasil dilakukan karena Constraint Failed" Solusinya bagaimana Gan?

    ReplyDelete
  5. Saya sudah melakukan sinkronisasi offline tapi setelah sinkronisasi lagi ke aplikasi dapodik dan memasukkan data hasil download. ada keterangan "File not Found, Maaf data anda tidak ditemukan"
    Mengapa bisa begitu pak?

    ReplyDelete

Share Artikel Ini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More