Sistem Penilaian Kurikulum 2013, Prinsip Penilaian, Pendekatan Penilaian, dan Ruang Lingkup Penilaian Kurikulum 2013

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar Peserta Didik

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Penilaian dapat dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk)

I. PRINSIP PENILAIAN KURIKULUM 2013

1.      Sahih
2.      Objektif
3.      Adil
4.      Terpadu
5.      Ekonomis
6.      Transparan
7.      Menyeluruh dan kesinambungan
8.      Sistematis
9.      Akuntabel
10.    Edukatif

II. PENDEKATAN PENILAIAN KURIKULUM 2013

1.   Pendekatan penilaian yang digunakan adalah penilaian acuan kriteria (PAK)
2.   PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).
3.   KKM Pengetahuan dan Keterampilan : > 2.66
4.   KKM Sikap : Baik

III. RUANG LINGKUP PENILAIAN KURIKULUM 2013

1. Sikap :

    a.   Observasi
    b.    Penilaian diri
    c.    Penilaian antar peserta didik
    d.    Jurnal

2. Pengetahuan :

    a.   Tes Tulis
    b.    Tes Lisan
    c.    Penugasan

3. Keterampilan :

    a.   Tes Praktek
    b.    Projek
    c.    Portofolio

IV. SISTEM PENILAIAN KURIKULUM 2013
NO.
JENIS PENILAIAN
PELAKU
WAKTU
1
Penilaian otentik
Guru
Berkelanjutan
2
Penilaian diri
Siswa
Tiap kali sebelum ulangan harian.
3
Penilaian projek
Guru
tiap akhir bab atau tema pelajaran
4
Ulangan harian (dapat berbentuk penugasan)
Guru
terintegrasi dengan proses pembelajaran
5
Ulangan Tengah dan Akhir Semester
Guru (di bawah koordinasi satuan pendidikan)
Semesteran
6
Ujian Tingkat Kompetensi
Sekolah (kisi-kisi dari Pemerintah)
Tiap tingkat kompetensi yang tidak bersamaan dengan UN
7
Ujian Mutu Tingkat Kompetensi
Pemerintah
Tiap akhir tingkat kompetensi (yang bukan akhir jenjang sekolah)
8
Ujian Sekolah
Sekolah (sesuai dengan peraturan)
Akhir jenjang sekolah
9
Ujian Nasional sebagai Ujian Tingkat Kompetensi pada akhir jenjang satuan pendidikan.
Pemerintah (sesuai dengan peraturan)
Akhir jenjang sekolah

0 Response to "Sistem Penilaian Kurikulum 2013, Prinsip Penilaian, Pendekatan Penilaian, dan Ruang Lingkup Penilaian Kurikulum 2013"

Post a Comment