Tips Memilih Universitas / Perguruan Tinggi Terbaik

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia... Dalam kesempatan kali ini saya akan share tips dalam memilih universitas terbaik yang ditulis oleh Mbak Sussy sebagai berikut :

Universitas terbaik selalu menjadi dambaan setiap siswa untuk meneruskan studi ke pendidikan tinggi. Pilihan untuk melanjutkan studi pendidikan tinggi pastinya membuat bingung. Bingung untuk memilih program studi dan universitas mana yang terbaik karena akan mempengaruhi masa depan. Keduanya harus dipikirkan dengan matang, agar menjadi keputusan yang terbaik dan tidak salah pilih.

Pertimbangan apa saja yang harus dipikirkan untuk memilih sebuah universitas?

Minat menjadi faktor pertama yang masuk dalam daftar pertimbangan karena merupakan faktor internal dari diri sendiri. Menjalani kuliah dengan program studi yang kita minati pasti akan lebih menyenangkan, selain enjoy, kita pun nantinya tidak akan terbebani. Program yang kita pilih nantinya pasti akan berpengaruh pada karir kita di masa depan. Pastikan daftar universitas terbaik yang kita bidik menyediakan program studi yang kita minati.

Reputasi universitas menjadi pertimbangan selanjutnya. Bangga tentunya bila bisa kuliah di universitas dengan reputasi yang bagus. Tapi reputasi bukanlah segalanya, masih banyak hal lain yang harus dipertimbangkan untuk memilih universitas yang terbaik.

Proses Belajar. Dengan mengetahui proses belajar suatu program studi di suatu universitas, kita akan lebih yakin dalam menentukan suatu universitas. Penting untuk mengetahui proses belajar, karena ada program studi yang lebih banyak memberikan tugas daripada ujian, atau lebih banyak belajar mandiri daripada kuliah pakar. Maka, carilah informasi sebanyak-banyaknya.

Fasilitas. Pertimbangkan fasilitas yang ada. Fasilitas pendukung apa saja yang mendukung kita saat kuliah nanti. Seperti perpustakaan, internet, laboratorium, dan yang lainnya. Kemudian bila universitas yang kita tuju jauh dari rumah, apakah transportasinya memadai? Seberapa jauh jarak tempuhnya? Terletak dimana universitas tersebut, di kota atau di daerah? Pertimbangkan pula biaya hidup di sekitar universitas tersebut.

Setiap orang memiliki kebutuhan dan minat yang berbeda-beda. Tapi penting untuk mengetahui informasi-informasi dari suatu universitas secara detail. Perhatikan akreditasinya, status akreditasi ini menentukan kemandirian program studi dalam melaksanakan program belajar mengajar.

Status akreditasi diberikan pada masing-masing program studi yang diselenggarakan di universitas tersebut.  Kemudian, pastikan juga universitas yang kita tuju sudah banyak menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan, untuk kemudahan lapangan kerja setelah selesai masa studi.

Selain hal-hal di atas, tentu masih banyak pertimbangan yang harus kita pikirkan untuk dapat menentukan universitas terbaik yang akan kita pilih. Tidak ada hal khusus yang pasti dalam menentukan sebuah universitas. Sebagai calon penerus bangsa, tentunya kita harus bisa memilah dan memilih keputusan yang terbaik bagi kebutuhan diri kita tanpa harus mengorbankan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Jangan sampai apa yang kita pilih akan kita sesali pada akhirnya. Cari informasi di berbagai media dan dari sudut pandang orang-oang terdekat. Semoga bermanfaat, selamat berjuang…:). Semoga berhasil... Aamiin... Salam Edukasi...!

Penting…! Tips Memilih Program Studi (Prodi) Yang Tepat, silahkan lihat di sini…

0 Response to "Tips Memilih Universitas / Perguruan Tinggi Terbaik"

Post a Comment