Solusi Bagi Sekolah Yang Belum Mendapatkan Kode Registrasi (Kodereg / Kode Registrasi Salah) Dapodikdas 2013/2014

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Setelah aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pertama kali diluncurkan pada awal bulan Oktober 2013 yang lalu yang selanjutnya didistribusikannya installer aplikasi, prefill, serta file-file pendukung lainnya ke tiap-tiap sekolah pada jenjang pendidikan dasar yang lakukan oleh masing-masing dinas pendidikan kabupaten/kota sebagai instansi induk dari masing-masing sekolah.

Selanjutnya juga diadakan pula oleh pihak dinas pendidikan kabupaten/kota kegiatan sosialisasi terkait program kerja aplikasi Dapodikdas 2013/2014 kepada seluruh OPS (Operator Pendatan Sekolah) di setiap wilayahnya. 

Sehubungan dengan hal tersebut, khususnya untuk dapat menggunakan aplikasi Dapodikdas 2013/2014, masing-masing sekolah memiliki kode registrasi / Kodereg. Unik (berbeda-beda) untuk setiap sekolah, kode ini digunakan untuk registrasi sekolah dalam aplikasi Dapodikdas 2013 yang telah terinstall pada laptop/komputer sekolah yang dilakukan oleh OPS yang telah dilengkapi dengan database lama Dapodik 2012 (prefill), sehingga akan meringankan beban kerja OPS dalam proses input data pada tahun pelajaran 2013/2014 ini.

Sehingga bagi sekolah-sekolah yang belum mendapatkan kode registrasi dari dinas pendidikan kabupaten/kotanya atau kode registrasinya “bermasalah”, otomatis tidak akan dapat menginput/mengentri data-data sekolahnya yang baru (TP. 2013/2014). 

Oleh karena itulah, artikel ini saya postingkan untuk rekan-rekan OPS yang kebetulan hingga saat ini belum mendapatkan kode registrasi tersebut, sebagian besar isi informasi ini saya kutip dari halaman utama Grup Facebook Info Pendataan Ditjen Dikdas pada kiriman yang disematkan dari salah satu Admin Dapodikdas - Sdr. Yusuf Rokhmat (30/10/2013), yakni :

1.         Untuk sekolah-sekolah lama tapi belum mendapatkan kode registrasi, mohon ditunggu karena sedang dilakukan mapping wilayah kembali, karena beberapa hal teknis sehingga sekolah tersebut masuk di wilayah lain.
2.         Solusinya akan dilakukan generate prefill baru sehingga sekolah tersebut masuk pada posisi awal wilayahnya kembali, bagi sekolah yang tidak bermasalah bisa lanjutkan entri data.
3.         Kodereg. untuk sekolah baru berdiri akan diterbitkan segera setelah proses no.1 selesai.
4.         Tambah Peserta Didik baru dan PTK baru akan bisa dipindahkan ke tabel utama ketika fungsi synch sudah berjalan.
5.         Penyempurnaan aplikasi melalui patch untuk mempermudah update versi tanpa kehilangan data yang sudah di entri.
6.         Kodereg. yang gagal push prefill (setelah memasukkan kodereg, loading terus tanpa berkesudahan, silakan tuliskan nama sekolah, kab/kota-nya di bawah ini untuk diperiksa)
7.         Ditjen Dikdas melalui seluruh direktorat teknis dan sekretariat bersama-sama sedang melakukan TOT (Training of Trainer) melalui Provinsi, Kab/kota, sampai dengan Operator Sekolah. Silahkan berbagi informasi terkait teknis operasional pendataan.

Hingga saat ini, solusi bagi rekan-rekan OPS yang kebetulan belum mendapatkan kode registrasi (kode registrasi salah), mau tidak mau harus bersabar dalam menunggu info lanjutan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/kota masing-masing, dan sebaiknya rekan-rekan OPS maupun Kepala Sekolah selalu bertindak proaktif dalam berkomunikasi sekaligus berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten/Kotanya secara periodik agar sewaktu-waktu kodereg. ada, OPS dapat segera meregistrasikannya ke dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014, dan selanjutnya OPS akan dapat segera menginput / mengentri seluruh data-data baru sekolah, PTK, maupun peserta didik ke dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014. 

Percepatan dalam proses entri/input data terkait sekolah ke dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014 perlu diperhatikan, mengingat “deadline” atau batas akhir sementara ini dalam proses penerimaan entri data pada server Dapodikdas untuk semester I hingga 30 November 2013.

Demikian artikel singkat mengenai solusi bagi sekolah-sekolah yang belum mendapatkan kode registrasi Dapodikdas 2013/2014 (kode registrasi salah) saya publikasikan. Salam satu data berkulitas, semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

0 Response to "Solusi Bagi Sekolah Yang Belum Mendapatkan Kode Registrasi (Kodereg / Kode Registrasi Salah) Dapodikdas 2013/2014"

Post a Comment